Hari Ini Kereta Pangrango Bogor-Sukabumi Resmi Beroperasi

Sabtu, 09 November 2013 09:39 wib | Endang Gunawan - Sindo TV

Ilustrasi (Foto: okezone) Ilustrasi (Foto: okezone) BOGOR- Jalur kereta api Bogor - Sukabumi yang selama 10 bulan tidak digunakan kini mulai diaktifkan kembali. Peresmian pembukaan jalur ini juga ditandai dengan peluncuran kereta diesel Pangrango yang dilakukan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (9/11/2013), pada peluncuran perdana kereta Pangrango ini disambut antusias para penumpang. Bahkan ratusan penumpang sudah mengantre untuk menaiki kereta yang membawanya ke Sukabumi. Peluncuruan kereta Pangrango ini dilakukan mulai dari Stasiun Paledang Bogor dan akan menempuh jarak 57 kilometer dari Bogor hingga Sukabumi.

Kereta ini memiliki rangkaian gerbong yang lebih banyak dengan jumlah kursi 368 dengan rincian 50 kursi eksekutif dan 318 kursi ekonomi. Kereta Pangrango ini juga akan difasilitasi pendingin udara. Untuk harga tiket eksekutif sebesar Rp35 ribu dan ekonomi Rp15 ribu. Selain itu jumlah keberangkatan baik dari Bogor maupun Sukabumi bertambah menjadi tiga kali dalam sehari. Untuk dari Sukabumi ke Bogor mulai pukul 05.00 WIB, pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Sedangkan dari Bogor ke Sukabumi pukul 07.30 WIB, 12.30 WIB dan 17.30 WIB.  

Sebelumnya, kereta diesel jurusan Sukabumi -Bogor yaitu Kereta Bumi Geulis pernah beroperasi di jalur itu setiap pagi dan sore dengan mengangkut penumpang sekitar 700 orang dari 10 stasiun yang berada di sepanjang jalur Sukabumi -Bogor. Namun sejak 10 bulan PT KAI menghentikan operasi kereta itu karena rangkaian kereta sudah tua dan mengalami kerusakan.
(Endang Gunawan/Sindo TV/crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป