Pilih Mana, Mobil Murah Atau Mobil Bekas?

Selasa, 08 Oktober 2013 13:43 wib | Febri Ardani - Okezone

Pilih Mana, Mobil Murah Atau Mobil Bekas? F: Astra Toyota Agya

JAKARTA - Kendati mulai diserbu dengan dibukanya kelas mobil murah (LCGC), dampaknya terhadap pasar mobil bekas (mobkas) dikatakan masih belum terlalu terasa hingga akhir tahun nanti.
 
"Kedatangan LCGC baru terasa tahun depan, tapi belum signifikan," papar Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager PT Marga Sadhya Swasti WTC Mangga Dua, saat dihubungi Okezone, Selasa (8/10/2013).
 
Baik mobil baru berwujud mobil murah dan mobkas pasti bersinggungan. Tapi Herjanto mengungkapkan, memang sasaran konsumennya berbeda. Harga LCGC saat ini berkisar dari Rp76,5-120,7 juta.
 
"Buat di level tersebut tersedia mobkas dengan kelas di atas LCGC seperti Toyota Yaris A/T 2011 Rp130 juta dan Daihatsu Sirion A/T 2012 Rp120 juta. Tinggal pilih mendingan mana mobil baru atau mobil bekas seperti itu?" tanya Herjanto.
 
Walaupun harga-harganya bisa dibandingkan tetap saja mobkas tidak mampu melawan kodratnya sebagai produk bekas pakai. Namun mobil murah juga punya masalah sebab dengan harga sama belum tentu memiliki spesifikasi dan fitur yang bisa disamakan dengan mobkas.
 
"Orang beli mobil sekarang sudah sama seperti beli motor. Tidak penting lagi masalah berapa inflasi, harga dollar, dan sebagainya. Konsumen sekarang cuma ingin tahu buat mobil yang ia inginkan berapa cicilannya per bulan, sebab 60 persen pembeli mobil bekas (mobkas) membayar lewat cara kredit," tutup Herjanto.
(zwr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »