Kecelakaan Bus Giri Indah Bukti Calo KIR Masih Ada

Kamis, 22 Agustus 2013 12:19 wib | Bagus Santosa - Okezone

JAKARTA - Kecelakaan maut Bus Giri Indah di Cisarua yang diduga akibat rem blong membuktikan masih adanya praktek percalonan dalam pengujian KIR. Dalam insiden ini 20 orang tewas dan masih banyak korban luka.
 
Anggota Komisi V dari Fraksi Hanura Saleh Husin mengatakan, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum biasanya terjadi karena rem blong, meski uji KIR sudah dilakukan.
 
"Kita lihat, akibat uji KIR di daerah yang ala kadarnya, mobil yang tidak layak jalan masih bisa beroperasi dan kecelakaan sangat bisa terjadi. Karena itu, setiap kecelakaan rem blong dan supir ugal-ugalan, ini yang perlu dikoreksi, kalau tidak akan terus ada," kata Saleh di DPR, Jakarta, Kamis (22/8/2013).
 
Selain itu uji KIR yang ada sekarang ini, dinilai Saleh cuma sebatas ujian di atas kertas saja tanpa uji kelayakan kendaraan secara maksimal. "Sudah pasti (ada calo), uji KIR kan hanya di atas kertas saja tidak dilakukan sebagaimana mestinya," katanya.
 
Karena itu, perlu segera dilakukan evaluasi dan audit terhadap pengujian KIR ini. Supaya, ketidaklaikan angkutan umum bisa diminimalisir untuk dijadikan alasan penyebab kecelakaan angkutan umum terjadi. "Ini yang perlu dievaluasi dan perbaiki. Karena kalau tidak akan terus ada (kecelakaan angkutan umum)," katanya.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป