Keuntungan Lakukan Imunisasi DPT-HB-HIB (Pentavalen)

Selasa, 20 Agustus 2013 16:40 wib | Helmi Ade Saputra - Okezone

Vaksinasi (Foto: Google) Vaksinasi (Foto: Google) IMUNISASI DPT-HB-HiB atau pentavalen akan dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI di Karawang, Jawa Barat, 22 Agustus mendatang. Lalu, apa keuntungan dari penggunaan vaksin pentavalen?

Menurut Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina, dan Kesehatan Mata, dr. Desak Made Wismarin, MKM, Pentavalen merupakan  Preparat tunggal (DPT-HB-HIB) sehingga tidak menambah jumlah suntikan.

Selain itu, menurut Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro SpA (K), imunisasi Pentavalen ini perlu diberikan booster atau tambahan berupa imunisasi lanjutan DPT-HB-HIB pada usia 1,5 tahun.

"Hal ini karena kekebalan yang terbentuk setelah pemberian DPT-HB-HIB 3 dosis akan menurun pada usia 15 bulan sampai dengan 1,5 tahun,"ujar  dalam temu media bertema Pencanangkan Vaksin Pentavalen dan Imunisasi Lanjutan pada Anak Batita, di Gedung Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2013).

Dia menambahkan, pentavalen yang resmi digunakan pada 22 Agustus 2013 tersebut akan disosialisasikan di 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป