Pemprov DKI Jakarta Kecewakan Rumah Sakit Peserta KJS

Minggu, 19 Mei 2013 07:00 wib | Isnaini - Okezone

Pemprov DKI Jakarta Kecewakan Rumah Sakit Peserta KJS Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Foto: Dok. Okezone) JAKARTA - Program Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengatasi permasalahan pengobatan rakyat kecil melalui Kartu Jakarta Sehat (KJS) kembali menemui masalah. Sebanyak 16 rumah sakit menyatakan mundur sebagai penerima pasien pemegang KJS.  
 
Menurut Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI, Igo Ilham mundurnya belasan rumah sakit dari program KJS disebabkan pembayaran tagihan dari pihak rumah sakit yang tidak dibayarkan secara penuh oleh pihak Pemprov DKI Jakarta.
 
"Rumah sakit merasa dikecewakan oleh Pemprov, Klaim dari rumah sakit tidak dibayarkan 100 persen. Rumah sakit merasa keberatan dengan tarif versi Indonesia-Case Base Groups (INA-CBG's) yang telah diterapkan PT Askes. Rumah sakit pasti juga punya hitung-hitungannya, jika angka yang ditetapkan tidak masuk mereka otomatis mengundurkan diri," ujar Igo saat dihubungi Okezone, Sabtu (18/5/2013).
 
Dikatakan Igo, Pemprov beserta dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta harus kembali merembukkan untuk mengevaluasi mengenai tarif penggantian klaim KJS tersebut.
 
"Ini harus dikaji, harus di evaluasi lagi, semua duduk bareng, dari pihak Pemprov, Dinkes, mereka juga harus mendengarkan keinginan dari rumah sakit," jelas Igo.
 
Igo menilai pihak rumah sakit lebih merasa diuntungkan dengan sistem lama yakni program Jamkesda pada masa kepemimpinan Fauzi Bowo, dimana klaim rumah sakit dibayarkan sepenuhnya.
 
"Dijamannya Foke tagihan rumah sakit dibayar full, mungkin permasalahannya agak lambat pembayarannya bisa sampai dua hingga empat bulan, tapi bagi rumah sakit lebih baik terlambat dibayar tapi full ketimbang cepat tapi tidak full," paparnya.
 
Diberitakan sebelumnya, sebanyak 16 rumah sakit menyatakan mundur dari kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJS. 16 rumah sakit tersebut merasa keberatan dengan tarif versi Indonesia-Case Base Groups (INA-CBG's) yang telah diterapkan PT Askes.
 
Berikut 16 rumah sakit di Jakarta yang mundur dari program KJS.
 
1. RS Thamrin
2. RS Bunda Suci
3. RS Mulya Sari
4. RS Satya Negara
5. RS Paru Firdaus
6. RS Islam Sukapura
7. RS Husada
8. RS Sumber Waras
9. RS Suka Mulya
10. RS Port Medical
11. RS Puri Mandiri Kedoya
12. RS Tria Dipa
13. RS JMC
14. RS Mediros
15. RS Restu Mulya, dan
16. RS Admira
(hol)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »