Jakarta Timur Juaranya Kekerasan Seksual Anak

Selasa, 02 April 2013 15:07 wib | Isnaini - Okezone

Jakarta Timur Juaranya Kekerasan Seksual Anak JAKARTA - Tindak pidana kejahatan dan kekerasan seksual pada anak di Ibu Kota kian memprihatinkan. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat pada 2013, kasus kejahatan dan kekerasan seksual paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Timur.

Menurut Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, untuk wilayah Jabodetabek, hingga hari ini, tercatat ada 127 laporan kasus anak yang menjadi korban kejahatan dan kekerasan seksual.

"51 persen di antaranya atau 67 laporan terjadi di wilayah Jakarta Timur," kata Arist, di Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Arist menuturkan, wilayah di Jakarta Timur yang selalu terjadi kekerasan seksual anak, di antaranya, Kampung Tengah, Kecamatan Kramatjati, Kecamatan Ciracas dan Kecamatan Cakung.

"Untuk DKI Jakarta, wilayah Jakarta Timur memang paling rawan terjadinya kejahatan dan kekerasan seksual anak," tegas Arist.

Dari data Komnas PA, pada 2012, ada 2.637 kasus kekerasan anak yang terjadi di Jabodetabek. Dari 2.637 kasus itu, DKI Jakarta menjadi yang tertinggi yakni 663 kasus.

"Dari 663 kasus di DKI itu, 190 di antaranya terjadi di Jakarta Timur dan tertinggi dibanding wilayah lain di Jakarta," papar Arist.

Arist menjelaskan faktor penyebabnya antara lain karena padatnya penduduk serta kelas ekonomi warganya yang hampir 80 persen adalah kelas menengah ke bawah. "Faktor pendidikan yang rendah juga menjadi salah satu penyebab," imbuhnya. (trk)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »