Rumah Ibadah Dibom, Assad Bersumpah Balas Dendam

Sabtu, 23 Maret 2013 11:49 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Presiden Bashar al-Assad (Foto: Reuters) Presiden Bashar al-Assad (Foto: Reuters) BEIRUT - Presiden Suriah Bashar Assad bersumpah akan membalaskan dendam kematian dari ulama pro-pemerintah yang tewas dalam serangan di sebuah masjid di Damaskus. Assad berjanji akan memburu para militan yang berada di balik serangan tersebut.

Selain menewaskan ulama Syekh Buti, bom tersebut juga menewaskan 52 jiwa itu. Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan pada Kamis 21 Maret itu. Demikian diberitakan Reuters, Sabtu (23/3/2013).

Assad dan pihak oposisi Suriah pun saling menyalahkan atas peristiwa serangan ini. Meskipun pihak oposisi tidak setuju dengan ulama itu, mereka tetap mengecam peristiwa pembunuhan tersebut.

Syekh Buti yang diketahui sebagai ulama ternama di Syuriah, mendukung rezim Assad sejak mantan Presiden Hafez Assad berkuasa. Buti merupakan sosok yang melegitimasi kekuasaan keluarga Assad di Suriah.

Pembunuhan Syekh Buti menunjukkan jaringan yang lemah antara pasukan oposisi di lapangan dengan pemimpin politiknya. Serangan ini bisa meningkatkan argumen Pemerintah Assad bahwa kalangan ekstrimis berada di balik peperangan di Suriah.

Tewasnya Syekh Buti terjadi di awal krisis Suriah yang memasuki tahun ketiga. Sementara korban tewas akibat perang saudara ini diperkirakan telah mencapai 70 ribu jiwa. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป