Pengamat: Nilai Moral Merosot Penyebab Mutilasi

Sabtu, 16 Maret 2013 05:39 wib | Dony Aprian - Okezone

ilustrasi dok. okezone ilustrasi dok. okezone JAKARTA - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI), Erlangga Masdiana mengatakan maraknya problematika kekerasan yang mengakibatkan pembunuhan dengan memutilasi korban disebabkan kemerosotan nilai moral masyarakat.
 
"Kalau saya lihat makin marak problema sosial yang dihadapi oleh masyarakat terutama demoralisasi. Ini sebenarnya faktor utama karena persoalanya ketegangan komunikasi antara korban dan pelaku kekecewaan biasa, ada problem dan ada dendam tapi apakah yang tidak mengalami demoralisasi tidak mengalami persoalan," kata Erlangga, kepada Okezone, Kamis (15/3/2013).
 
Tak hanya itu, kata dia, budaya kekerasaan yang semakin mengakar di negara ini juga menjadi penyebab pembunuhan dengan mutilasi.
 
"Ada budaya kekerasan yang menjustifikasi kalau orang melakukan kesalahan harus dilakukan kekerasan. Contoh dikampus-kampus tindakan fandalisme perusakan barang umum. Itukan sistem penyelesaian masyarakat kita," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Erlangga meminta kepada masyarakat untuk menjaga keharmonisan dan mejauhi kekerasaan.
 
"Ada kesalahaan keharmonisan diselesaikan melalui kekerasan mestinya tidak seperti itu kalau masyarakatnya civilized yang beradap," tambahnya.
(cns)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป