Kubu Susno Nilai Putusan Pengadilan Tinggi Cacat Hukum

Senin, 04 Maret 2013 19:07 wib | Bagus Santosa - Okezone

Kubu Susno Nilai Putusan Pengadilan Tinggi Cacat Hukum JAKARTA - Pengacara Susno Duadji, Fredrich Yunadi, menyebut kliennya terbebas dari hukuman. Sebab, dalam putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) tidak disebutkan adanya perintah penahanan untuk Susno.
 
Kuasa hukum Susno juga menemukan, putusan MA yang merujuk pada putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta, cacat hukum. Pasalnya, dalam putusan PT ini, nomor putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan yang dicantumkan berbeda dengan nomor putusan di Pengadilan Negeri atas terdakwa Susno Duadji.
 
"Jadi dalam hal ini cacat hukum, jadi betul-betul error, ada salah. Putusan tersebut tidak punya kekuatan hukum. Karena nomornya salah," kata Yunadi di Kantornya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2013).
 
Putusan Pengadilan Tinggi Jakarta, Berbunyi, Menerima permintaan banding dari pembanding/terdakwa PN jaksel, mengubah putusan pengadilan negeri Jakarta Selatan nomor 1288/pid.B/2010/PN.JKT.Sel tertanggal 21 Februari 2011.
 
"Padahal putusan PN Jaksel yang terdakwa Pak Susno adalah 1260/pid.B/2010/PN.jkt.sel, tertanggal 24 maret 2011. Sehingga putusan itu adalah putusan di luar putusan pak Susno," ujarnya.
 
Dalam putusan PT ini, hakim mengubah uang pengganti hukuman Susno yang tadinya Rp4 miliar menjadi Rp4,208 miliar dan tetap dihukum 3 tahun 6 bulan penjara dan uang denda Rp200 juta.
 
Dari putusan PT ini, kedua belah pihak baik JPU dan terdakwa melakukan Kasasi ke MA. Dalam putusan MA yang diputus pada Kamis 22 November 2012 hanya berbunyi jika kasasi ini ditolak dan terdakwa harus membayar uang pekara sebesar Rp 2500.
 
Susno sendiri divonis bersalah oleh PN Jaksel pada 21 Maret 2011 dalam perkara korupsi penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilkada Jabar 2008. Susno divonia pidana 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan. Susno juga dihukum membayar uang pengganti Rp4 miliar.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »