Iran Mulai Tingkatkan Kemampuan Nuklir

Kamis, 21 Februari 2013 08:08 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Ilustrasi nuklir Iran (Foto: cbc.ca) Ilustrasi nuklir Iran (Foto: cbc.ca) TEHERAN - Tuduhan negatif mengenai program nuklir Iran kembali diutarakan oleh diplomat barat terhadap Iran. Mereka menuduh Iran telah meningkatkan kemampuan nuklir yang dimilikinya selama ini.

Beberapa diplomat asing menuduh bahwa Iran mulai memasang peralatan berteknologi tinggi di lokasi pengayaan uraniumnya. Peningkatan kemampuan ini diyakini mampu mempercepat aktivitas bahan bakar reaktor dan membuahkan hulu ledak nuklir.

Pekan lalu, beberapa pihak mengatakan Iran sudah memulai instalasi peralatan baru tersebut. Namun pihak diplomat asing yang mengeluarkan pernyataan tersebut menilai ungkapan mereka masi terlalu prematur. Demikian diberitakan, Associated Press, Kamis (21/2/2013).

Menurut tiga orang diplomat barat yang mencurigai peningkatan kemampuan nuklir Iran, instalasi dari sentrifugal untuk pengayaan uranium saat ini sudah selesai dilakukan. Diperkirakan 100 lebih peralatan baru juga dipersiapkan oleh Iran.

Tidak diketahui siapa ketiga diplomat yang mengeluarkan tuduhan tersebut. Namun ketiganya dipastikan berasal dari negara barat.

Selama ini pihak barat terus menuduh program nuklir Iran dimaksudkan untuk mengembangkan senjata nuklir. Namun Iran bersikeras program nuklir mereka digunakan untuk kepentingan damai dan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan listrik warganya. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป