Pefindo Beta Saham untuk Tingkatkan Pertumbuhan Pasar Modal

Rabu, 13 Februari 2013 14:40 wib | Rezkiana Nisaputra - Okezone

Pefindo Beta Saham untuk Tingkatkan Pertumbuhan Pasar Modal Logo Pefindo. (Foto: Pefindo) JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) akan melakukan pengembangan penyusunan pada bisnis barunya, yaitu Pefindo Beta Saham yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan pasar modal.

Direktur Utama Pefindo Ronald T Kasim menjelaskan, Beta Saham adalah komponen perhitungan valuasi saham dengan metode Capital Assets Pricing Model (CAPM) atau ukuran sensitivitas tingkat pengembalian (return) harga saham tertentu terhadap return pasar.

"Dengan metode CAPM kita bisa melakukan penghitungan valuasi saham, yang ukuran sensitivitas tingkat pengembalian harga saham terhadap pengembalian pasar," ujar Ronald, saat menggelar media forum, di Senayan City, Jakarta, Selasa (13/2/2013).

Latar belakang dibuatnya Pefindo Beta Saham, Ronald menuturkan, hingga saat ini belum ada satu pihak pun di Indonesia yang secara rutin serta kontinu melakukan perhitungan dan publikasi secara gratis beta saham individual atas saham-saham yang tercatat di BEI.

"Sampai saat ini di Indonesia belum ada yang melakukan perhitungan dan publikasi secara gratis atas saham-saham yang ada," jelasnya.

Dengan adanya Pefindo Beta Saham, pemodal dapat memperoleh tambahan informasi tentang arah pergerakan harga saham secara historis dibandingkan pergerakan pasar.

Selain itu, semakin banyak pelaku yang dapat menghitung nilai wajar saham dengan metode yang diakui secara akademis, bisa berpotensi meningkatkan keyakinan dalam memilih saham sebagai objek transaksi.

"Dalam jangka panjang kondisi ini akan membantu meningkatkan keahlian pemodal sebagai investor saham", ucap Ronald.

Sementara itu adapun proses perhitungan pada Pefindo Beta Saham seperti pada setiap akhir perdagangan BEI akan mengirimkan data closing IHSI dan IHSG, lalu Pefindo akan melakukan perhitungan menggunakan aplikasi khusus, kemudian dipublikasikan.

"Nantinya pada akhir perdagangan BEI akan mengirimkan data closing IHSI dan IHSG lalu Pefindo akan lakukan penghitungan pada aplikasi khusus lalu dipublikasikan,” tutupnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »