Sudah Sepekan Jenazah Calon Pelaut di RSCM Belum Diambil

Rabu, 06 Februari 2013 20:09 wib | Dony Aprian - Okezone

JAKARTA - Seorang pria calon pelaut ditemukan tewas di lorong kapal kayu Hasil Anugrah Mulia, saat bersandar di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Korban diketahui bernama Herman (44), anggota DPC Pelabuhan Rakyat (Pelra) cabang Gresik, Jawa Timur.
 
Dari hasil pemeriksaan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di tubuhnya. Korban diduga tewas akibat serangan jantung, pada Rabu 28 Januari 2013 lalu.
 
Meski demikian petugas tetap membawa korban ke RSCM guna keperluan autopsi dan sudah satu minggu belum ada pihak keluarga yang datang. Petugas lalu mencari alamat korban lewat buku paspor pelaut miliknya, namun tidak diketahui alamat pastinya. Begitu juga ketika dihubungi di tempat kerjanya pertama kali di Gresik, Jawa Timur, tidak ada yang tahu dan hanya mengenal wajahnya.
 
"Kita juga hubungi Direktorat Perhubungan Laut Surabaya yang mengeluarkan buku pelautnya, juga tidak tahu alamat persisnya," ujar Kanit Reskrim Polsek Sunda Kelapa, Ajun Komisari Polisi (AKP) Suhadi.
 
Lanjut AKP Suhandi, korban ditemukan tewas dalam kondisi hanya mengenakan kain sarung di lorong depan kamar kapal, pukul 06.00 WIB. Saat dibangunkan oleh rekan korban sesama anak buah kapal (ABK) tubuh korban tidak bergerak dan ternyata sudah meninggal. Oleh ABK peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Sunda Kelapa.
 
Di buku pelaut bernomor X051693 itu alamat korban tidak tertulis. Hanya tercantum nama: Herman, kelahiran Jambi, 6 Agustus 1968. Korban memiliki  tinggi 165, berbadan gemuk, kulit sawo matang dan rambut hitam serta berkumis. Ciri-ciri lainnya di dada kanan korban terdapat tato bergambar Ular Naga melilit Kampak.
 
Korban terakhir bekerja sebagai juru mudi di Kapal Layar Motor (KLM) Usaha Indah-1 di milik PT. Sandy Octasuri Tanjung Pinang tahun 2012. Polisi mengharapkan bagi masyarakat yang kehilangan anggota keluarganya dengan ciri-ciri di atas bisa menghubungi Polsek Sunda Kelapa.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป