Turis Terdampar di Karimun Jawa, Agen Pariwisata Tanggung Risikonya!

Kamis, 10 Januari 2013 14:54 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Turis Terdampar di Karimun Jawa, Agen Pariwisata Tanggung Risikonya! Pulau Karimun Jawa (Foto: Rajawisata) CUACA buruk kembali membuat wisatawan terjebak di Karimun Jawa. Ratusan wisatawan tak dapat kembali ke daratan karena kapal tak bisa berlayar.

Niat ingin berlibur, wisatawan ini harus terdampar di Kepulauan Karimun Jawa. Beberapa agen perjalanan wisata disebut-sebut masih saja memberangkatkan wisatawan meski cuaca kurang mendukung.

“Kami menganjurkan kepada para wisatawan untuk tidak pergi ke Karimun Jawa terlebih dahulu karena cuaca yang tidak menentu,” kata Dhimas Ony, Staf Pemanfaatan dan Humas Balai Taman Nasional Karimun Jawa, ketika dihubungi Okezone, Kamis (10/1/2013).

Menurutnya, anjuran untuk tidak memberangkatkan wisatawan ke Karimun Jawa saat cuaca buruk sudah diinformasikan. Namun, memang tidak ada pelarangan tegas, yang menurutnya membuat para agen perjalanan wisata tetap memberangkatkan wisatawannya.

“Januari hingga Februari itu cuaca memang kurang bagus karena sedang musim angin barat. Jadi, saya harapkan wisatawan menunda kunjungan ke Karimun Jawa hingga bulan Maret mendatang. Biasanya, agen perjalanan wisata sudah tahu sehingga kalau ada risiko harusnya ditanggung mereka!,” tegasnya.

Diketahui bahwa 150 wisatawan terjebak di Kepulauan Karimun Jawa pada Senin (7/1/2013), 16 di antaranya adalah wisatawan mancanegara. Mereka tidak dapat pulang karena angin besar dan gelombang tinggi sekira 3-3,5 meter, membuat kapal tidak berani berlayar kembali ke Jepara.

“Sepertinya mereka pulang hari ini karena BMKG memperkirakan besok cuaca akan buruk. Mereka akan pulang ketika cuaca cerah, dan kapal mendapatkan izin dari pihak syahbandar. Besok tidak ada kapal yang berlayar. BMKG sendiri selalu meng-up date cuaca setiap hari karena selalu berubah,” jelasnya.

Bulan Maret hingga Agustus merupakan waktu yang sangat tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati sejumlah potensi wisata di Jepara, Jawa Tengah ini. Karimun Jawa merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 27 gugusan pulau. Berbagai pesona keindahan bawah laut sudah pasti dapat dinikmati, misalnya di Pulau Cemara, ataupun berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar. Tak hanya keindahan laut, pemandangan indah di darat, seperti melakukan perjalanan menyusuri hutan mangrove, pun dapat dilakukan di sini. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »