CPO Murah, PLN Kaji Gunakan CPO untuk Pembangkit

Rabu, 26 Desember 2012 14:31 wib | Pebrianto Eko Wicaksono - Okezone

Ilustrasi (Foto: Koran SI) Ilustrasi (Foto: Koran SI) JAKARTA - PT PLN (Persero) mengaku sedang melakukan kajian terhadap penggunaan minyak kepala sawit (crude palm oil/CPO) untuk sumber energi pembangkitnya.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan, penggunaan CPO untuk bahan bakar pembangkit bertujuan untuk menggeser peran Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya solar yang masih mendominasi pembangkit di Indonesia.

"Penggunaan CPO untuk mengganti solar, itu sedang kita amati," kata Pamudji, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Menurut Pamudji, hal ini akan membuka kemungkinan baru karena harga CPO cenderung turun dan produksi sawit Indonesia cenderung naik. Apalagi, Indonesia memiliki pertumbuhan kebun baru. "Namun saat ini pengalihan BBM ke CPO masih dalam tahap kajian," tambahnya.

Pamudji mengungkapkan, pengalihan tersebut bisa mencapai 90 persen dari total penggunaan minyak solar oleh PLN.

"Kita sudah pernah mencoba di 2007 dan berhasil karena harga kelapa sawit naik kita tunda dahulu. Saat ini harga CPO cenderung turun, makanya kita akan coba terapkan kembali," tutup Pamudji.
  (gnm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป