Privatisasi IPO Semen Baturaja Batal!

Kamis, 13 Desember 2012 23:19 wib | Iwan Supriyatna - Okezone

Ilustrasi. (Foto: okezone) Ilustrasi. (Foto: okezone) JAKARTA - Rencana privatisasi penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Semen Batutraja akhirnya diputuskan tidak bisa diterima oleh Komisi XI DPR. Pasalnya, masih terdapat perbedaan pandangan dari berbagai fraksi.

"Komisi XI belum bisa mengambil keputusan dikarenakan masih terdapat perbedaan pandangan dari berbagai fraksi," ujar anggota Komisi XI DPR-RI Zulkiflie Mansyah, di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2012) malam.

Setelah rapat diskors dan berjalan alot, akhirnya komisi XI DPR belum bisa memutuskan Semen Baturaja untuk melakukan IPO tahun ini. "Setelah rapat cukup alot kami belum bisa memutuskan," tuturnya singkat.

Padahal sebelumnya, rencana IPO Semen Baturaja telah mendapat restu dari komisi VI DPR pada 15 Oktober lalu. Perseroan pun direncanakan akan melepas kepemilikan saham maksimal 35 persen dengan target IPO Rp1 triliun.

Keputusan tersebut dibacakan Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto yang menyetujui privatisasi Semen Baturaja dalam program tahunan privatisasi pada 2012.

Namun kala itu, dari seluruh fraksi yang menyetujui IPO Semen Baturaja, Fraksi Partai Gerindra yang menolak untuk IPO. Pasalnya, Fraksi Gerinda menilai perseroan masih bisa melakukan pinjaman bank atau memperoleh suntikan modal dari PMN tanpa harus melakukan IPO. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป