Suriah Mulai Siapkan Bom Kimia

Kamis, 06 Desember 2012 11:21 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Suriah Mulai Siapkan Bom Kimia Militer Suriah (Foto: Reuters) WASHINGTON – Militer Suriah diketahui telah menyiapkan senjata kimia yang akan digunakan untuk melawan kelompok oposisi. Penggunaan senjata kimia tersebut tinggal menunggu turunnya perintah dari Presiden Bashar al-Assad.

Informasi tersebut disampaikan oleh pejabat Amerika Serikat (AS) kepada media Rabu 5 Desember kemarin. Pejabat itu menyebut Pemerintah Suriah telah memasang senjata kimia ke roket-roket di pesawat tempurnya.

Suriah diketahui memiliki banyak persediaan gas sarin yang mematikan. Pada tahun 1988, mantan Presiden Irak Saddam Hussein, membunuh sekitar 5.000 warga Kurdi hanya dengan satu serangan gas sarin.

“Saat ini Assad belum mengeluarkan perintah untuk menggunakan senjata kimia itu. Namun apabila perintah Assad keluar, tidak ada satu orang pun yang dapat mencegahnya," ujar pejabat AS yang tidak disebutkan namanya itu, seperti dikutip NBC News, Kamis (6/12/2012).

Sebelumnya Pemerintah Suriah membantah mereka akan menggunakan senjata kimia dalam konfliknya dengan kelompok oposisi. Suriah menyatakan, tidak akan pernah menyerang warganya sendiri dengan senjata kimia.

Pemerintah AS telah mendapat informasi intelijen bahwa Suriah berniat menyiapkan senjata kimia yang dimilikinya sejak beberapa hari yang lalu. Presiden AS Barack Obama, langsung memperingatkan Suriah untuk mengurungkan niatnya tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, dalam pertemuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyatakan, Pemerintah Suriah akan dianggap telah melewati batas apabila mereka menggunakan senjata kimia ke warganya sendiri.

Pada Juli lalu Badan Intelijen AS (CIA) melaporkan selain gas sarin, Suriah juga memiliki senjata kimia dalam bentuk lain seperti gas Tabun, gas Mustard dan Hidrogen Sianida. Suriah merupakan salah satu dari tujuh negara yang tidak menandatangani Konvensi senjata Kimia yang melarang produksi dan penggunaan senjata kimia. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »