Ikan Zebra Ganti Warna Saat Kawin

Selasa, 04 Desember 2012 16:11 wib | Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone

Ikan Zebra Ganti Warna Saat Kawin ikan zebra (foto: Live Science) WASHINGTON - Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa ikan zebra akan mengganti tubuhnya saat akan berkembang biak. Penggatian warna tubuh itu dilakukan untuk menarik minat pasangannya.

Dilansir dari Live Science, Selasa (4/12/2012), ikan yang biasa dipelihara dalam aquarium itu secara normal tidak menunjukkan perbedaan warna mencolok bagi mata manusia. Namun sekelompok peneliti dari University of Veterinary Medicine menemukan perbedaan tersebut.

Mereka menggunakan fotografi, piranti lunak komputer dan pengamatan manusia untuk mempelajari sifat-sifat warna ikan itu, baik yang liar maupun yang telah jinak. Terutama seiring ikan-ikan tersebut berinteraksi satu sama lain, kawin dan menebar benih.

Hasil pengamatan tersebut mengungkap bahwa pejantan maupun betinanya mengubah garis hitam dan putih miliknya hanya saat penyebaran benih. Perbedaan warna pada garis-garis tersebut hanya tampak pada masa itu.

Ikan zebra yang tampak penuh warna dan mencolok akan lebih sering kawin ketimbang ikan zebra yang kurang menarik perhatian. Para peneliti berpendapat, hal tersebut mengindikasikan pentingnya peran warna dalam perilaku perkembangbiakkan spesies tersebut. (yhw)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »