12 Negara Ikut Piala Asia Bola Tangan di Yogyakarta

Senin, 03 Desember 2012 10:12 wib | Sodik Arrasyid - Koran SI

YOGYAKARTA - Sebanyak 12 negara ambil bagian dalam Piala Asia Bola Tangan Wanita, 7-16 Desember di Yogyakarta. Event ini sudah memasuki gelaran ke-14. Sedangkan Indonesia baru pertama kali berperan sebagai tuan rumah. Juara 1-3 akan mewakili Asia pada kejuaraan dunia di Serbia, 2013 mendatang.
 
Mustafa Mashyur, Bidang Pembinaan, Prestasi, dan Hubungan Luar Negeri Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) mengatakan, kejuaraan Asia ini sengaja digelar di Yogyakarta karena beberapa pilihan. di sini, venue yang akan digunakan berada di tengah kota.
 
Selain itu, Yogyakarta merupakan kota pelajar. Mustafa berharap pelajar dapat menyaksikan bola tangan setelah ujian semester. “Akses venue cukup mudah di Yogya. Kami berharap banyak pelajar bisa menyaksikan kejuaraan ini setelah ujian semester,” kata Mustafa, Senin (3/12/2012).
 
Mustafa mengakui olahraga bola tangan belum terlalu populer di Indonesia. Karena itu dengan digelarnya Piala Asia, dia berharap cabang ini makin dikenal dan bisa menjamur di tengah masyarakat seperti cabang lainnya. Apalagi, fasilitas seperti lapangan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan futsal.
 
Adi Zamzami, Sekjen ABTI menambahkan, Indonesia sendiri memang belum diperhitungkan di cabang olah raga bola tangan (handball). Bahkan di level Asia, Indonesia masih sulit menerobos hegemoni tim-tim Asia Timur seperti Jepang atau juara bertahan Korea Selatan.
 
Apalagi, menandingi tim dari pecahan Uni Soviet, seperti Kazakhstan, Uzbekistan. Namun, kenyataan itu tak mengurangi antusias Indonesia saat ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia tahun ini. “Semangat mempopulerkan bola tangan menjadi alasan kami untuk menjadi tuan rumah Piala Asia,” tambahnya.
 
“Target kami memang bukan prestasi. Sebab, apabila prestasi ukurannya, jelas Indonesia belum bisa bersaing dengan negara lain. Kekuatan kami masih jomplang. Tapi kami punya keinginan mempopulerkan bola tangan.
Dan kami berharap banyak dari kejuaraan ini,” sambungnya.
 
12 negara yang ambil bagian dalan kejuaraan ini dibagi dalam dua grup.
Grup A diisi Korea Selatan, Cina, Korea Utara, Iran, Taiwan, dan Indonesia selaku tuan rumah. Grup B diisi Kazakhstan, Jepang, Uzbekistan,Turkmenistan, Kuwait, dan India.
 
Bola tangan sendiri dimainkan masing-masing tujuh pemain, dengan tujuh cadangan. Teknis permainan menggunakan tangan dengan cara melempar, mengumpan, menangkap dan men-dribble untuk memasukkan bola ke gawang.
Ukuran bola lebih kecil dari yang dipakai dalam sepakbola.
 
Setiap tim berhak meminta time out tiga kali.Pergantian pemain bebas.
Lalu, memegang bola hanya diizinkan tiga menit saja.
 
(Sodik Arrasyid/Koran SI/win)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »