Inilah Cara Memakai Kartu Jakarta Pintar

Sabtu, 01 Desember 2012 13:50 wib | Catur Nugroho Saputra - Okezone

Joko Widodo (dok. Okezone) Joko Widodo (dok. Okezone) JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, baru saja meluncurkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) tahap pertama bagi 3.008 siswa baik SMA/SMK, SMP dan SD, untuk membantu biaya pendidikan warga tidak mampu.
 
Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo menuturkan, cara penggunaan KJP sangatlah mudah. bagi siswa yang memerlukan biaya pendidikan, membeli buku ataupun seragam sekolah hanya tinggal mengesek kartu tersebut di Ajungan Tunai Mandiri (ATM) Bank DKI terdekat.
 
KJP yang berbentuk ATM tersebut, kata dia, berisi uang dengan jumlah berbeda tergantung tingkatannya. Jokowi menjelaskan, untuk SMA atau SMK akan diberikan Rp240 ribu, SMP sebesar Rp210 ribu dan SD Rp180 ribu.
 
"Ya setelah diambil uangnya nanti dapat dipergunakan untuk biaya pendidikan, tapi jangan disalahgunakan," kata Jokowi, di SMA Paskalis, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12/2012).
 
Selain itu, Jokowi juga menjelaskan, nantinya uang di dalam saldo KJP akan terisi ulang lagi setiap tanggal 1 sampai tiga bulan ke depan. "Saldonya setiap tanggal 1 nanti langsung akan masuk," tambahnya.
 
Lebih lanjut, Jokowi menegaskan, pihak Dinas Pendidikan DKI, guru dan orang tua murid akan mengawasi pemakaian KJP agar tidak disalahgunakan. "Pemprov DKI juga akan melakukan manajemen kontrol," tegasnya.
 
Pantauan di lapangan, setelah Jokowi membagikan KJP di SMA Paskalis, para siswa langsung mencoba KJP di ATM Bank DKI yang berada di halaman sekolah. Mereka langsung mengecek dan mencoba mengambil uang di dalamnya. Jumlah saldo sama dengan yang diberikan oleh Pemprov DKI.
 
Sebelumnya, pada tahap pertama KJP ini, Pemprov DKI memberikan kepada 3.008 siswa yang tersebar di 113 SMA/SMK negeri maupun swasta. Pada Bulan Desember 2012 ini, direncakana ada penambahan 6 ribu siswa penerima KJP. Sehingga nantinya pada Tahun 2013 kira-kira akan diluncurkan 332 ribu KJP.
(cns)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป