Polri Bantah Bentrok Lampung Berlanjut karena Kurang Penjagaan

Selasa, 30 Oktober 2012 15:10 wib | Tri Kurniawan - Okezone

JAKARTA - Mabes Polri membantah bentrokan antar warga di Lampung karena kurangnya penjagaan dari aparat keamanan. Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, bentrok berlanjut karena warga menyusup melalui jalan-jalan tikus.

"Kalau penjagaan bukan kurang, tapi kita dengar dari media bahwa penjagaan sudah cukup tapi masuknya dari jalan-jalan tikus, mungkin dari pemantang-pemantang. Ini yang masih kita dalami," kata dia di MNC Plaza, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2012).

Kata dia, saat ini semua akses menuju lokasi bentrokan sudah mendapat penjagaan. Sejauh ini, dia juga memastikan pemicu bentrokan belum melebar. "Semoga tak terjadi lagi. Mudah-mudahan bisa kondusif," ungkapnya.

Dia juga berharap, pejabat daerah lebih bisa membina masyarakat sesuai dengn karakter masing-masing daerah supaya masyarakat bisa memahami aturan dan norma yang berlaku. Hal sepele kemudian jadi masalah itu tergantung pada bagaimana menafsirkan norma-norma.

"Mudah-mudahan pejabat yang lain juga bisa jadi sebagai contoh dan tauladan supaya tidak ada bentrok yang lain," paparnya.

Seperti diketahui, bentrok antar warga Desa Bali Nuraga Way Panji dan Desa Agom, Kalianda, terjadi pada Minggu pekan lalu, tiga orang tewas. Namun, Senin, kemarin bentrok susulan terjadi dan menewaskan tujuh orang.

Menurut Suhardi sebanyak 2.000 petugas keamanan gabungan TNI dan Polri telah diterjunkan ke lokasi. (trk)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป