Miranda Yakin Bebas dari Segala Tuntutan

Kamis, 27 September 2012 11:30 wib | Fiddy Anggriawan - Okezone

Miranda Yakin Bebas dari Segala Tuntutan JAKARTA - Terdakwa kasus suap cek pelawat, Miranda Swaray Goeltom mengaku siap menghadapi vonis majelis hakim di pengadilan Tindak Pidan Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (27/9/2012) siang nanti.
 
Miranda terlihat optimistis majelis hakim akan memutuskan dirinya tidak bersalah, sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum KPK. "Yakin (bebas), kan kalian liat sendiri fakta persidangan ini," ungkap Miranda saat ditemui wartawan di Pengadilan Tipikor, Jakarta.
 
Sebelumnnya, pengacara Miranda, Dodi Abdul Kadir juga membenarkan tuntutan yang dibuat penuntut umum tak sesuai dengan fakta persidangan. Pasalnya, tidak  menggunakan fakta-fakta sesunggunhnya dalam persidangan. Dodi pun yakin jika kliennya akan divonis bebas.
 
"Melainkan cerita PU yang dikarang sendiri. Contoh, bahwa Ibu Miranda melakukan pertemuan di Cipete dengan Hamka, Endin, dan Paskah yang berdasarkan keterangan Ibu Nunun. Padahal keterangan Hamka, Endin, dan Paskah bilang enggak pernah ada pertemuan. Bahkan Endin rumah Nunun saja enggak tahu," paparnya.
 
Sementaraitu, berdasarkan fakta persidangan tidak ditemukan bukti Miranda terlibat dalam pemberian cek. Namun, Dodi membenarkan adanya pemberian cek perjalanan kepada anggota dewan tersebut.
 
"Jadi pemberian TC itu memang ada, tidak bisa dipungkiri, tapi yang mau di cari oleh PU ada tidak hubungannya Miranda dengan cek itu, di persidangan terbukti tidak ada hubungannya," tegasnya.
 
Pengacara Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ini menambahkan, pasal penyertaan didakwakan jaksa sangat lemah. Apalagi, ketika pembacaan putusan sela, terlihat hakim sudah mengatakan dakwaan tidak dapat diterima.
 
"Belum pernah dalam eksepsi ada dissenting opinion hakim pada putusan sela. Ini baru pertama kali, hakim ada bilang dakwaan tidak bisa diterima. Ya kan. Hakim bilang, penggunaan pasal sudah kedaluwarsa. Makanya dibuatlah pasal penyertaan, padahal Miranda tidak tahu-menahu, tidak pernah kasih," tandasnya.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »