8 Negara Ramaikan Biliar 'Jogja Memang Istimewa'

Rabu, 26 September 2012 19:30 wib | Ridwan Anshori - Koran SI

YOGYAKARTA - Tournamen biliar berskala internasional mulai digelar besok hingga 7 Oktober mendatang di New Hanggar Billiard Yogyakarta. Tournamen dalam rangka wujud syukur 'kemenangan' rakyat Yogyakarta atas Undang-undang Keistimewaan DIY ini memperebutkan Trophy Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB). Turnamen diikuti 118 pebiliar, 24 pebiliar antaranya dari 8 negara.
 
Owner New Hanggar Billiard Yogyakarta Anna Widyayanti mengatakan, turnamen ini sebagai wujud syukur warga Yogyakarta atas keberhasilan perjuangannya mengawal RUUK DIY yang sudah disahkan menjadi UU. "Semoga wujud syukur itu, turnamen ini salah satunya dengan memperebutkan tropy bergengsi Sri Sultan Hamengku Buwono X," kata dia, Rabu (26/9/2012).
 
Ketua Panitia Aswin Adji Praditya mengatakan, turnamen biliar ini merupaka even terbesar yang pernah digelar di Indonesia dengan memperebutkan total hadiah Rp239,5 juta. Dalam turnamen bertajuk 'Jogja Memang Istimewa' ini juga dihelat tounamen women yang juga merupakan perhelatan turnamen wanita terbesar di Indonesia.
 
Dia menambahkan, turnamen menggunakan peraturan bola 9 dengan sistem gugur. Penyisihan peserta Jateng-DIY dilaksanakan 27-30 September. Babak utama digelar 1-6 Oktober dan babak 16 besar atau grand final digelar 7 Oktober. "Total pebiliar yang ikut dalam open turnamen ini sebanyak 128 putra dan 64 putri. Sejumlah pebiliar yang mengikuti PON Riau lalu juga mengikuti even ini," katanya.
 
Menurut dia, beberapa peserta yang bakal mengikuti open turnamen ini banyak berasal dari luar negeri. Setidaknya ada 24 pebiliar dari 8 negara seperti Philiphina, Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam, Perancis, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat sudah bersedia ikut meramaikan turnamen tahun kedua ini. "Rencananya ke depan, event ini akan menjadi event tahunan dan akan dimasukkan dalam sirkuit turnamen international," kata Aswin.
 
Sejumlah pebiliar mancanegara yang sudah registrasi sampai saat ini antara lain Roberto Gomes, Jeffry Deluna, Carlo Biado dan Antonio dari Philipina, Ibrahim Ammir dan Patrick Ooi (Malaysia). Sedangkan pebiliar nasional yang siap berlaga antara lain Ricky Yang, Irsal Nasution, Zulfikri, Siauw Wieto, Junarto Kasogi dan lainnya.
 
Untuk hadiah, pemenang kategori Man Tournamen mendapatkan Rp100 juta, juara 2 (Rp40 juta) dan juara 3 (Rp15 juta), juara 4 (Rp10 juta), juara 5-8 (Rp 4 juta), dan juara 9-16 (Rp2 juta). Sedangkan untuk ladies turnamen, juara 1 Rp20 juta, juara II (Rp7,5 juta), juara 3-4 (Rp 3 juta), juara 5-8 (Rp1 Juta) dan juara 9-16 (Rp750 ribu). Biaya pendaftaran untuk man tournament babak penyisihan Rp125.000, open tournament Rp950.000, kategori ladies tournamen biaya pendaftaran Rp500.000.
(Ridwan Anshori/Koran SI/auz)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »