Akuisisi 3 Perusahaan, MYOH Cari Dana Rp601,66 Miliar

Rabu, 29 Agustus 2012 13:17 wib | Rizkie Fauzian - Okezone

Akuisisi 3 Perusahaan, MYOH Cari Dana Rp601,66 Miliar Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - PT Samindo Resources Tbk (MYOH) akan melakukan akuisisi atas PT Trasindo Murni Perkasa (TMP), PT Mintec Abadi (MA), dan PT Samindo Utama Kaltim (SUK). Total nilai transaksi akuisisi tersebut sebesar Rp601,66 miliar.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh pihak perseroan dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dipublikasikan di Jakarta, Rabu (29/8/2012).

Atas TMP, perseroan melakukan akuisisi 978 lembar saham yang merupakan 97,80 persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam TMP dan dimiliki oleh Samtan Co Ltd dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp315,89 miliar.

Lalu pengambilalihan 20 lembar saham yang merupakan dua persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam TMP dan dimiliki oleh Samtan USA Inc dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp6,46 miliar.

Untuk MA, MYOH mengakuisisi 4.880 lembar saham yang merupakan 97,6 persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam MA dan dimiliki oleh Samtan Co Ltd dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp13,9 miliar.

Juga pengambilalihan 100 lembar saham yang merupakan dua persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam MA dan dimiliki oleh Samtan USA Inc dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp285 juta.

Sementara untuk SUK, akuisisi dilakukan atas 398 lembar saham seri A dan 198 lembar saham seri B yang merupakan 49,67 persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam SUK dan dimiliki oleh Yoo Sang Duck dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp132,113 miliar.

Pengambilalihan 200 lembar saham seri A dan 100 lembar saham seri B yang merupakan 25 persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam SUK dan dimiliki oleh Yi Man Deuk dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp66,5 miliar.

Serta pengambilalihan 200 lembar saham seri A dan 100 lembar saham seri B yang merupakan 25 persen dari seluruh total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh dalam SUK dan dimiliki oleh Yi Eun Baik dilakukan dengan harga pembelian sebesar Rp66,5 miliar.

Adapun latar belakang dilakukannya Transaksi Material serta pengaruh transaksi material pada kondisi keuangan merupakan salah satu strategi usaha emiten. Sehingga dengan rencana transaksi ini, emiten akan dapat mencapai tujuan yaitu menjadi perusahaan jasa pertambangan yang komprehensif dan memiliki sarana jasa pertambangan yang lengkap.

Pendanaannya, perseroan akan melakukan Penerbitan Saham Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias right issue untuk menerbitkan sejumlah saham-saham baru Perseroan dengan total harga pelaksanaan saham-saham baru.

Untuk itu, perseroan akan mengadakan rapat umum pemegang saham luar biasa untuk menyetujui right issue pada 31 Desember 2012.

Jika right issue gagal dilakukan paling lambat enam bulan setelah tanggal Perjanjian Jual Beli atas Saham yang Dijual, para pemegang saham TMP, MA, dan SUK setuju bahwa perseroan dapat mencari sumber pembiayaan lain untuk membayar Nilai Transaksi, termasuk dari perbankan atau institusi-institusi finansial lainnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »