Oposisi Suriah Bersiap untuk Perang Pemuncak

Jum'at, 27 Juli 2012 15:51 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pasukan oposisi Suriah (Foto: Reuters) Pasukan oposisi Suriah (Foto: Reuters) DAMASKUS - Pasukan oposisi Suriah terus mempersiapkan diri untuk menghadapi perang pemuncak di Allepo. Mereka terus menambah kekuatan agar mampu mengalahkan pasukan Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Gelombang pasukan bantuan tampak terus berdatangan di kota terbesar kedua Suriah ini. Diperkirakan serangan bisa saja dimulai Jumat malam waktu setempat.

"Pasukan khusus sudah diturunak sejak beberapa hari lalu di pinggiran kota. Sementara pasukan tambahan sudah tiba untuk turut serta dalam perang besar, yang bisa saja terjadi hari ini atau Sabtu besok," ujar pihak keamanan oposisi, seperti dikutip AFP, Jumat (27/7/2012).

Sebelumnya pada pagi hari ini, helikopter tempur Suriah sudah memulai serangan ke basis pertahanan pihak oposisi di barat daya Allepo. Pertempuran dikabarkan pecah di Distrik Jamiliya.

Sementara juru bicara pasukan oposisi Free Syrian Army (FSA) Kolonel Abdel Jabbar al-Okaidi memastikan pasukan tambahan sudah siap menghadapi yang terburuk. "Kami sudah siap untuk menghadapi serangan besar tiap waktu, khususnya di wilayah selatan," tutur Al-Okaidi.

Tetapi media nasional yang mendukung Pemerintah Suriah menegaskan, Aleppo akan menjadi pertempuran terakhir yang dihadapi oleh pasukan pemerintah. Mereka mengklaim pasukan FSA akan hancur lebur dalam pertempuran kali ini.

Hingga saat ini Presiden Assad masih menolak untuk lengser dari jabatannya. Pertempuran antara pihak oposisi dengan pasukan pemerintah telah menyebabkan ribuan warga Suriah tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi ke wilayah yang jauh dari baku tembak. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป