"Hampir di Semua Daerah Ada Investor Pilkada"

Kamis, 05 Juli 2012 18:52 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Istilah investor pemilukada dicetuskan pertama kali oleh pengamat politik LIPI, Siti Zuhro, saat Pemilukada Jawa Timur beberapa waktu lalu. Istilah ini merupakan sebutan bagi pengusaha yang memiliki kepentingan dalam pemilukada.

"Dari situ saya terus melakukan penelitian dan ternyata hampir semua daerah terdapat investor pemilukada, cuma bedanya besarannya saja," jelasnya pada diskusi terbuka di Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2012).

Karena Jakarta sebagai pusat pemerintahan, Siti mengatakan, besaran dana yang ditanamkan investor tentu akan semakin tinggi dibandingkan daerah yang lain.

"Transaksi yang dilakukan para investor pemilukada itu tidak pernah pakai bank, investor itu memberikan langsung pada semua calon langsung, pakai koper gede-gede, kalau di pemerintahan mereka langsung ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," terangnya.

Investor Pemilukada, kata dia 'memelihara' seluruh pasangan calon yang ada. "Mereka tidak bodoh dan tidak mau ambil resiko, semuanya mereka 'pelihara'," tambah Siti.

Lebih lanjut Siti menjelaskan, di ujung masa kampanye para investor ini akan melihat hasil survei dan yang calon peluangnya paling tinggi berdasarkan hasil jajak pendapat akan diberikan dana yang paling besar.
(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »