Ratusan Napi Rutan Salemba Ikut Sosialisasi Pemilukada

Kamis, 05 Juli 2012 12:12 wib | Dina Kusumaningrum - Okezone

Ilustrasi (Foto: okezone) Ilustrasi (Foto: okezone) JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar sosialisasi dan simulasi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Pripovinsi DKI Jakarta tahun 2012 di hadapan ratusan narapidana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Rutan Klas I Jakarta Pusat Salemba.

Pemberian simulasi Pemilukada ini agar nantinya para napi berpartisipasi menggunakan hak politiknya untuk memilih pemimpin DKI Jakarta mendatang.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara, Sumarno, mengatakan, KPU Provinsi DKI Jakarta harus memfasilitasi dari segi informasi yang layak bagi narapidana mengenai pemilihan Calon dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Narapidana disini sangat terisolasi dari berbagai informasi, kemudian KPU wajib memfasilitasi dari segi informasi. Dari informasi yang layak untuk mendapatkan informasi mereka kapan pelaksanaan pemilihan gubernur, dan hak-hak  mereka itu sangat penting sekali," ujarnya di Rutan Salemba, Jalan Percetakan Negara, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Berapa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pencoblosan 11 Juli 2012 di Rutan Salemba, Sumarno mengaku belum tahu secara pasti.

"Kami belum tahu (datanya) dengan jelas mengenai hal itu," terangnya.

Dia menambahkan ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pemungutan suara di Rutan Salemba.

"Kendala itu ada ketentuan teknis yang harus diikuti oleh KPUD Jakarta yaitu ada perlakuan khusus, sepanjang ini masih hak pilih mereka,  ini merupakan wajib KPU memfasilitasi hal ini," tutupnya.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป