Selamatkan Biota Laut, UU Perikanan Perlu Diperkuat

Selasa, 24 April 2012 08:37 wib | Awaludin - Okezone

Ilustrasi (Foto: okezone) Ilustrasi (Foto: okezone) CIREBON - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron, meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk melakukan penguatan terhadap Undang-Undang Perikanan Tangkap.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kekuatan hukum yang kuat bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam mengusut kasus hukum.

"Undang-Undang Perikanan sudah memberikan jalan untuk melakukan pengawasan tindakan penggunaan alat tangkap terlarang, tapi perlu dikuatkan juga dengan peraturan yang spesifik," ucapnya di Cirebon saat melakukan kunjungan kerja, Selasa (24/4/2012).

Kata Herman, apabila penguatan tersebut telah ada, tidak akan ada lagi nelayan yang menggunakan peralatan tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti pukat harimau.

"Memang alat tangkap jenis itu bisa berakibat rusaknya tempat-tempat yang biasa digunakan ikan untuk berkembang biak," tambahnya.

Dengan dirincinya alat tersebut, lanjut Herman, Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa melakukan penindakan terhadap kapal asing yang melakukan pelanggaran.

"Bisa juga menenggelamkan kapal asing yang melanggar, atau mencuri ikan," lanjutnya.

Herman pun mendukung, apabila alat tangkap yang tidak ramah lingkungan itu ditukar dengan peralatan ramah lingkungan. Agar dapat menjaga keselamatan biota laut dan tidak mengganggu para nelayan mencari ikan.

"Iya kalau ada nelayan kita yang masih menggunakannya, itu bisa dibarter saja kalau peraturannya sudah jelas juga bisa dilakukan penindakan," tutupnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Cirebon dalam rangka reses, Herman Khaeron, menyalurkan dua buah kapal berukuran 30 GT kepada para nelayan. Kapal tersebut adalah merupakan hasil aspirasi yang disampaikannya kepada kementerian terkait saat usulannya di komisi IV.

Dia juga memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat setempat dan juga menyerahkan 1000 batang bibit bakau.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป