Survei Cyrus: Pemilukada DKI, Pertarungan Foke Vs Jokowi

Rabu, 18 April 2012 15:28 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - The Cyrus Network merilis hasil polling tentang elektabilitas dan popularitas Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.

Hasilnya, pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menduduki peringkat pertama dan runner up. Foke-Nara memperoleh 42,4 persen suara dan Jokowi-Ahok mendapat 31,8 persen suara. Sementara tiga pasang kandidat lain hanya memperoleh di bawah 10 persen.

"Dengan hasil ini, bisa dibilang Pemilukada DKI 2012 hanya pertarungan Foke Vs Jokowi," ungkap Direktur Eksekutif The Cyrus Network, Hasan Hasby dalam konfrensi pers di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2012).

Namun demikian, Hasan memprediksi, perolehan suara Jokowi-Ahok bisa melebihi perolehan pasangan incumbent, melihat dari kecendrungan popularitas dan elektabilitas Jokowi yang terus menanjak.

Secara rinci, hasil survei tentang popularitas Foke sebesar 95,6 persen dan 63,2 persen untuk elektabilitas. Hal tersebut, kata Hasan, lantaran Foke telah menjabat selama lima tahun.

Sementara pasangan Jokowi-Ahok sebesar 71,1 persen untuk popularitas dan 53,9 persen untuk elektabilitas. Hasil ini diperoleh hanya dalam jangka waktu lima bulan.

"Dalam waktu tiga bulan ke depan, sangat memungkinkan bagi pasangan Jokowi-Ahok akan melampaui Foke-Nara," tutupnya.
(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป