Persoalan internal jadi hambatan KPU baru

Selasa, 03 April 2012 13:40 wib | Rico Afrido - Sindonews

Ilustrasi. Ilustrasi. Sindonews.com - Selain menghadapi tantangan dari faktor eksternal seperti "warisan" persoalan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya, KPU baru juga akan menghadapi persoalan internalnya.
 
Persoalan internal tersebut adalah pemilihan ketua KPU bersamaan dengan berbagai warisan persoalan KPU sebelumnya. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Ketua KPU baru untuk bisa menjaga kekompakan di internalnya.

"Kedua, memilih calon anggota KPU daerah yang kredibel, mandiri dan cakap," ujar pengamat politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti dalam diskusi dengan tajuk "KPU 2012: Akankah Kredibel dan Mandiri?" Di Kedai Kopi Bhinneka, jalan Cikini I No.3B Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2012).

Persoalan berikutnya bakal dihadapi KPU baru adalah memperbaiki hubungan KPU dengan sekretariat KPU. Lebih lanjut dia menuturkan, persoalan dalam membuat regulasi internal yang menjadikan KPU lebih transparan dan ramah pada pelayanan publik.

Ditambahkannya, persoalan internal lainnya adalah, penggunaan anggaran negara yang hemat, transparan dan bertanggung jawab. "Makanya, KPU diharapkan tak banyak melakukan studi-studi banding keluar kota atau luar negeri," pungkasnya.


(Rico Afrido/Sindonews/kis)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป