Habib Munzir: Islam Melarang Membatasi Pergi Haji

Selasa, 13 Maret 2012 15:56 wib | Mustholih - Okezone

Ilustrasi (Foto: Koran SI) Ilustrasi (Foto: Koran SI) JAKARTA - Pengasuh Majelis Rasulullah SAW Habib Munzir Al-Musawa mengatakan di dalam Islam siapapun tidak boleh melarang seseorang menunaikan ibadah haji. Dia menegaskan seseorang tidak boleh dibatasi dalam menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.
 
"Di dalam Islam tidak boleh melarang orang pergi haji," kata pria yang sering disebut Habib Munzir itu usai mengisi pengajian di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2012).
 
Munzir mengungkapkan hal itu menanggapi usulan moratorium pemberhentian sementara pendaftaran haji dari KPK. Komisi anti-korupsi tersebut menengarai ada indikasi korupsi pada kegiatan tersebut.
 
Usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Jakarta, Selasa 21 Februari 2012, Busyro mengatakan, hingga Februari 2012 jumlah pendaftar calon haji sudah mencapai 1,4 juta orang. Sedangkan, jumlah dana setoran awal mencapai Rp38 triliun. Jika pendaftaran terus dibuka, maka jumlah dana setoran awal akan terus bertambah.
 
Padahal, Busyro mengingatkan kuota (haji) relatif tetap. Busyro meminta pemerintah mempertimbangkan moratorium pendaftaran haji. Pemerintah sendiri tidak sependapat dengan usulan KPK. Menteri Agama, Suryadarma Ali, mengatakan penghentian sementara pendaftaran haji bukan solusi untuk meningkatkan kualitas haji di Tanah Air. Malah, bisa jadi menimbulkan keterpurukan.
 
Munzir mengatakan pemerintah mungkin punya cara tersendiri apabila berencana membatasi sementara pendaftaran haji. "Tapi mungkin menag punya pertimbangan sendiri. Dia yang punya pertimbangan, dia yang harus bertanggung jawab," katanya.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป