KSPSI Komit Bela Nasib Buruh

Senin, 20 Februari 2012 08:12 wib | Tri Kurniawan - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran SI) Ilustrasi. (Foto: Koran SI) JAKARTA - Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa dan Asuransi Andi Gani Nena Wea terpilih menjadi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KPSI) dalam kongres di Jakarta.

Andi terpilih melanjutkan tongkat estafet perjuangan buruh yang sebelumnya dijabat oleh Yakob Nuawea. Andi merupakan satu-satunya calon Presiden KSPSI periode mendatang. Dia terpilih setelah mendapat dukungan penuh sekira 400 peserta kongres dari tingkat DPC, DPD dan DPP.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Andi berjanji akan melakukan pembenahan internal terlebih dulu. "Program enam bulan, yakni pembenahan Kartu Tanda Anggota. Penting bagi kami bahwa organisasi kami terbesar di Indonesia dengan 5,7 juta anggota dan luas secara kepengurusan," kata dia di Jakarta, Minggu (19/2/2012).

Program lainnya yang harus segera ditindaklanjuti yakni meningkat kualitas pendidikan dan pelatihan bagi anggota KSPSI serta pelatihan advokasi bagi seluruh pengurus. "Bagaimana mungkin seorang serikat pekerja tidak bisa mengadvokasi anggota," tegasnya.

Dia juga mengatakan, pembelaan terhadap buruh akan terus di tingkatkan. Hal lain yang tak kalah penting menurutnya yakni membuat blue print untuk menatap perjalanan KSPSI ke depan. Untuk rencana ini, tambahnya, KSPSi akan menggandeng para intelektual.

"Blue print bagaimana perjalanan organisasi KSPSI masa depan secara frofesional, independent dan mandiri," pungkasnya.

Seperti diketahui, terjadi diualisme kongres di tubuh organisasi serikat buruh ini. Selain di Jakarta, kongres juga digelar di Malang, Jawa Timur. Meski sempat terjadi pertentangan dari internal organisasi, kedua kongres ini berjalan dengan tertib hingga selesai. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »