Telusuri Prestasi Olahraga Indonesia Lewat Buku Ini

Rabu, 11 Januari 2012 18:45 wib | Sebastianus Epifany - Okezone

Telusuri Prestasi Olahraga Indonesia Lewat Buku Ini Buku Jejak Prestasi Olahraga Indonesia (Foto: Achmad Firdaus) JAKARTA - Pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat terobosan baru untuk mengingat prestasi olahraga Indonesia. Kemenpora resmi mengeluarkan sebuah buku berjudul “Jejak Prestasi Olahraga Indonesia” yang berisi data lengkap prestasi yang diraih atlet Indonesia.
Sesuai dengan judulnya, buku setebal 234 halaman ini berisikan data mengenai kiprah para atlet dan sumbangsihnya di dunia olahraga Internasional dalam mengharumkan nama Indonesia. Atlet-atlet yang tercatat di sini adalah yang memperoleh medali di ajang multievent (SEA Games, Asian Games dan Olimpiade).
 
Tak hanya itu, buku ini juga menyajikan sejarah singkat keikutsertaan Indonesia dalam ajang multi event tersebut. Selain itu, rekapitulasi perolehan medali Indonesia di ajang multievent juga dipaparkan secara lengkap dari tahun ke tahun yang juga dihiasi oleh foto-foto para pahlawan bangsa di bidang Olahraga.
 
Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Dr. Andi A. Malaranggeng dalam kata sambutannya di buku tersebut memberikan apresiasi besar atas kehadiran buku tersebut. Menurutnya, apa yang tercatat dan tertulis dalam buku ini juga menjadi bahan/referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan berkaitan dengan pembinaan dan pembangunan prestasi olahraga di Indonesia.
 
Staf Khusus Kemenpora Bidang Keolahragaan Ivana Lie dalam kata pengantarnya menyatakan bahwa buku ini merupakan jawaban sekaligus tantangan bagi para generasi muda, pecinta olahraga, atlet, pelatih, praktisi olahraga, bahkan pemerintah untuk terus berupaya mengharumkan nama bangsa di bidang olahraga.
 
Selama kurang lebih 60 tahun, terhitung dari tahun 1951 hingga 2011 para atlet Indonesia mengukir prestasi di bidang olahraga, khususnya di ajang multi event. Semoga dengan adanya buku ini, perjuangan para atlet tersebut tidak terlupakan, dan masyarakat sadar dan bangga akan prestasi Indonesia di pentas dunia.
 
(seb)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »