Peran Pemuda Indonesia di Kancah Internasional

Rabu, 05 Oktober 2011 10:10 wib | Amril Amarullah - Okezone

Peran Pemuda Indonesia di Kancah Internasional Ketua Umum KNPI Ahmad Doli Kurnia JAKARTA - Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menjadi wakil Indonesia dalam Rapat Tahunan Pemuda Dunia atau Annual Meeting of WAY di Sudan, Afrika. Forum yang berlangsung 1-5 Oktober ini diikuti oleh 120 negara.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP KNPI Mustafa Raja mengatakan, KNPI yang diwakili Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia telah menyampaikan sejumlah agenda dan isu dalam pertemuan ini.

“Dalam forum pemuda sedunia ini, akan melaksanakan program-program lingkungan hidup dan perubahan iklim, sebagai hasil resolusi daeri pertemuan sebelumnya,” kata Ahmad Doli Mustafa melalui rilis yang diterima okezone, Rabu (5/9/2011).

Selain itu, kata Mustafa, pertemuan ini juga membahas rencana pertemuan tahunan forum ke-2 pada 2013 di Sudan atau Swiss.

Dalam kesempatan itu perwakilan Indonesia Ahmad Doli, yang juga wakil presiden World Assembly of Youth, menyampaikan usul pembentukan jaringan forum pemuda untuk perubahan iklim di setiap Negara.

Nantinya, akan dirumuskan kebijakan dan program tentang rencana-rencana aksi dari masalah-masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim secara international, regional, dan nasional.

Indonesia, kata Mustafa, diharapkan bisa menjadi sentral kegiatan menggerakkan program-program aksi lingkungan hidup dan perubahan iklim bagi generasi muda di dalam negeri.

Dalam kongres itu, Ahmad Doli terpilih sebagai wakil presiden forum dan memimpin forum untuk kawasan negara-negara kawasan Asia Pasifik.

Dalam kongres itu juga, lima program pembahasan terbagi di antaranya politik dan demokrasi, perdamaian, HIV/AIDS, narkotika, dan ekonomi. KNPI bertanggung jawab dalam program lingkungan hidup dan perubahan iklim.
(amr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »