Puluhan Gajah Sumatera Terjebak Api

Kamis, 15 September 2011 01:27 wib | Deddy Pranata - Okezone

Puluhan Gajah Sumatera Terjebak Api Ilustrasi (foto:Ist) PALEMBANG- Hutan suaka marga satwa Padang Sugihan yang berada di Desa Riding 3 Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI Sumatera Selatan seluas 40 ribu hektar, terbakar.

Ratusan hewan liar, terutama puluhan ekor gajah Sumatera dan rusa sempat terjebak api. Namun, kawanan gajah ini akhirnya bisa lolos ke areal hutan yang belum terbakar.

Data dari BKSDA Sumsel, berbagai flora dan fauna ada di hutan suaka marga satwa Padang Sugihan OKI, mulai dari Gajah Sumatera, rusa, ular, buaya dan lainnya belum merasa terganggu dengan adanya kebakaran lahan.

Jumlah gajah yang ada di hutan suaka marga satwa ini terdata 60 ekor gajah setengah jinak dan 50 hingga 70 ekor gajah liar. Ini belum termasuk hewan lain yang ada di dalam hutan tersebut.

Dwi Setyono, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, yang terjun ke lokasi mengatakan, kebakaran hutan suaka ini diakibatkan karena kebakaran hutan produksi yang berada di dekat hutan suaka. Karena sengaja dibakar, sehingga membuat hutan suaka yang berada di sebelahnya juga ikut terbakar.

“Sejauh ini kita terus berupaya agar tidak menjalar jauh ke hutan konservasi. Setelah kita cek di lapangan, hewan-hewan yang ada belum terganggu karena mereka lari ke lahan yang belum terjadi titik-titik api,” ujar Dwi , Rabu (14/9/2011).

Data sementara BKSDA Sumsel hingga sekarang sebanyak 1.805 hektar kebun sawit dan karet yang terbakar. 56, 4 persen hutan lindung, hutan konservasi dan hutan produksi serta 700 hektar lahan masyarakat yang terbakar.

“Mudah-mudahan hewan yang ada di hutan konservasi dan lindung ini bisa selamat dan tidak keluar hingga ke perkampungan warga. Kami terus berupaya dan terus memantau,” ungkapnya.

Petugas juga akan melanjutkan pemadaman titik-titik api yang dimungkinkan muncul di dalam hutan konservasi dan lindung sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Untuk memadamkan  kebakaran hutan suaka marga satwa Padang Sugihan yang luasnya 80 ribu Ha ini diterjunkan tiga regu pemadam dari Manggala Agni sebanyak 45 personil dengan enam armada pemadaman yang diterjunkan untuk memadamkan sebagian hutan yang telah terbakar.
(ugo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »