Patung Ganesha di Tahun Baru India

Senin, 15 September 2008 16:39 wib | Chaerunnisa - Okezone

Patung Ganesha di Tahun Baru India Foto: Dok Elite Graha Cipta TAHUN baru selalu disambut dengan penuh suka cita. Pun demikian saat tahun baru India. Tahun baru India dikenal dengan istilah festival Deepawali (India Selatan) atau Diwali (India Utara) yang berarti deretan sinar atau kemenangan sinar terang terhadap kegelapan, yang menandai tahun baru Hindu. Saat tahun baru itu tiba, seluruh warga India merayakannya secara besar-besaran selama lima hari.

Diwali bagi masyarakat India merupakan simbol kemenangan kebaikan atas kejahatan. Itu sebabnya saat tahun baru tiba, seluruh masyarakat India di seluruh belahan dunia ini merayakannya. Rumah pun ditata dengan berbagai hiasan mulai bunga segar hingga aksesori ruang, tak luput pula untuk melakukan tradisi saling tukar kado hingga manisan.

Kini, untuk merayakan tahun baru India yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Lladro memperkenalkan koleksi patung Ganesha. Mengulangi kesuksesannya di tahun lalu, patung Ganesha yang kali ini dipersembahkan memiliki ukuran yang lebih kecil. Bentuknya pun tetap artistik, penuh gaya, dan mengandung unsur spiritual di dalamnya. Namun begitu, sentuhan tradisi dan modern kental terasa dalam patung ini.

Menurut Promotion Department Elite Graha Cipta, Trisna Timotius, bentuk dari patung Ganesha itu terdiri dari the gada (tongkat kebesaran), the paasha (tali), dan gading yang rusak.

"Seluruh simbol itu menunjukkan 'avatars' atau cerita tradisional tentang Ganesha. Sementara untuk ukuran patung Ganesha ini memiliki panjang 27 cm," papar Trisna.

Mengenai proses pembuatan patung, biasanya berasal dari campuran beberapa material, dengan keutamaan adalah pasir. Setelah melalui beberapa tahapan, campuran tersebut kemudian dibentuk melalui cetakan yang sudah tersedia. Proses pengerjaannya pun tidak memakan waktu terlalu lama.

Namun untuk patung Ganesha yang dihasilkan produsen porselen Spanyol ini, proses pengerjaannya memakan waktu hingga dua tahun. Menurut Trisna, setiap patung yang dibuat berasal dari sejarah tradisional Hindu. Kendati porselen ini menggambarkan simbol keagamaan, gaya Lladro kental terasa dalam setiap sentuhan ukirannya.

Pewarnaan asli terdiri dari susunan dari sifat warna bumi yang menegaskan bentuk yang lembut dari keanggunan Tuhan.
(nsa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »