BNP DIY Musnahkan 493 gram ganja

Kamis, 26 Juni 2008 15:29 wib | Satria Nugraha - Trijaya

YOGYAKARTA- Hari ini Badan Narkotika Propinsi (BNP) DIY memusnahkan barang bukti berupa narkotika dan psikotropika di Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Pemusnahan barang bukti dihadiri sejumlah pejabat baik dari kepolisian, kejaksaan, Granat, perguruan tinggi, LSM dan pelajar.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut meliputi 492,94 gram ganja, 3,426 gram putaw serta 0,129 gram heroin. Sedangkan untuk barang psikotropika meliputi 5,065 shabu-shabu, pil lexotan 784 butir serta 12 butir ekstasi.

" Barang bukti kita musnahkan setelah sejak 2 Mei 2006 silam kita belum melakukannya lag," ujar Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta Arief Basuki, di sela-sela pemusnahan di Kepatihan, Jalan Alun-alun Utara, Yogyakarta, Kamis (26/6/2008).

Menurut Arief, selama dua tahun terakhir ini jumlah kasus narkoba yang ditangani khususnya oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Yogyakarta terus mengalami peningkatan hingga 24%. Peningkatan tersebut meliputi jumlah pengguna yang ditangkap hingga kasus yang berhasil ditangani. Dari sejumlah kasus narkoba ini kalangan mahasiswa masih menjadi pengguna terbanyak dibanding masyarakat umum lainnya.

" Mahasiswa dari generasi muda masih paling dominan Mas, baik itu laki-laki maupun yang perempuan," ungkap Arief.

Ia mengakui bahwa untuk bisa menangkap para pengedar ganja tersebut aparat mengalami kesulitan sebab mereka menggunakan 'akses terputus'. Selain itu mereka juga telah menggunakan kecanggihan teknologi dan perbankan dalam setiap transaksi yang digunakan. Akibatnya dalam setiap penggrebekan hanya pembeli saja yang berhasil tertangkap sedangkan bandar dan pengedarnya berhasil meloloskan diri.

" Mereka sudah gunakan kecanggihan teknologi dan perbankan. Kalau transaksi mereka kirim lewat ATM dan internet. Ketika digrebek kita hanya dapat pembeli sedangkan pengedarnya berhasil lolos," tutur Arief. (mik) (Satria Nugraha/Trijaya/uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »