Kiat Mencapai Orgasme Saat Bercinta

Senin, 12 Mei 2008 11:34 wib | Chaerunnisa - Okezone

Kiat Mencapai Orgasme Saat Bercinta Foto : Corbis APA enaknya bercinta tanpa orgasme? Ternyata ada beberapa wanita yang mengaku belum pernah mencapai klimaks saat berhubungan intim dengan pasangannya. Padahal inti dari proses bercinta ialah mencapai "the big O" atau orgasme.

Nah, agar Anda dapat memeroleh kondisi itu saat melakukan hubungan intim, ada beberapa hal yang harus diketahui. Menurut Dr Anita Gunawan MS SpAnd, androlog dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), terdapat empat tahap dari proses seksual yang harus diketahui oleh masing-masing pasangan.

"Sebelum sampai ke penetrasi, harus diketahui terlebih dahulu empat tahapan proses seksual. Artinya, ada gairah, fase rangsangan, bagaimana rangsangannya maksimal hingga mencapai orgasme, dan resolusi atau kembali ke awal sebelum terjadinya hubungan intim," kata Anita saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Senin (12/5/2008).

Setelah gairah tercipta, sambungnya, langsung dilanjutkan pada fase berikutnya yaitu mendatangkan rangsangan. Pada fase ini, pasangan benar-benar harus melakukannya secara optimal. Namun, peranan kedua pihak harus sama-sama aktif dengan cara saling membantu mengarahkan di mana daerah-daerah rangsangnya sehingga hubungan tersebut tercapai secara maksimal.

Adapun cara merangsangnya, menurut Anita, dapat dilakukan dengan meraba, membelai, merayu, dan mencium. Bahkan, tak ada salahnya bila langsung merangsang daerah klitoris. Karena pada sebagian besar wanita membutuhkan sentuhan langsung untuk mencapai orgasme.

Sementara pada pria, masih menurut penggemar olahraga yoga dan berkebun ini, biasanya melakukan hubungan intim melalui mata. Karena pada umumnya pria bila melihat sesuatu yang erotik maka akan suka dan mudah tergoda.

Setelah semua tahap itu dilakukan dengan benar dan maksimal, maka idealnya orgasme dan satisfaction (kepuasan seksual) akan tercipta. Baru pada tahap berikutnya ialah kembali ke kehidupan sebelum terjadinya hubungan seksual," terang almamater Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang itu.

Selain keempat faktor di atas, lanjut Anita, ternyata ada hal lain yang menyebabkan wanita sulit meraih orgasme. Salah satunya ialah bagaimana hubungan antara pasangan suami istri (pasutri) itu. Karena pada wanita, yang berperan adalah emosinya. Seorang wanita melakukan hubungan intim melibatkan emosi, sehingga harus ada perasaan suka terlebih dahulu.

"Tersumbatnya pikiran oleh masalah rumah tangga atau pekerjaan dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya meraih orgasme. Karena itu, sebaiknya kedua belah pihak saling berusaha memberi suasana santai dan membebaskan diri dari masalah agar orgasme tercapai," papar wanita yang menyelesaikan program Master di bidang Andrologi Universitas Airlangga, Surabaya itu.

Tak hanya itu saja, lanjutnya, masih ada faktor lain yang memengaruhi wanita untuk mencapai orgasme yaitu kondisi kesehatan. Menurut konsultan seksual di beberapa media di Indonesia itu, bila seorang wanita sedang dalam kondisi tubuh yang sakit, biasanya dia tak bisa melakukan hubungan intim.

"Misalnya kondisi wanita yang kelebihan hormon androgen, biasanya membuat gairah kaum hawa itu menurun. Tapi kondisi ini tak terlalu berpengaruh besar, karena pada wanita faktor pikiran (psikologis) sangat berperan penting," tukasnya. (nsa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »