Riau Dikepung Seratusan Titik Api

Rabu, 20 Februari 2008 12:15 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

PEKANBARU - Kebakaran hutan di Riau semakin hari terus bertambah, bahkan titik api juga terus bertambah. Sebelumnya titik api yang ditemukan hanya di sebagian Kabupaten dan Kota di Riau, kini secara keseluruhan Riau sudah terkepung api.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru menyebutkan, titik api di Pulau Sumatra sudah ditemukan 138 titik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 87 ditemukan di Riau.

Data yang didapat okezone dari BMG, Rabu(20/2/2008), untuk wilayah Pekanbaru, 87 titik api terlihat tersebar di seluruh Riau. Perincian titik tersebut yakni 19 titik berada di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelelawan 16 titik, dan Dumai 13 titik.

Sementara di 7 Kabupaten lainya, jumlah titik api masih di bawah 10 titik api. Hanya Kota Pekanbaru saja saat ini belum ditemukukan titik api. BMG memprediksi, titik api akan terus bertambah karena curah hujan beberapa hari ke depan hampir tidak ada.

"Titik api hingga kemarin sore di wilayah Sumatra ada 138 titik, 87 titik berada di Riau. Kita harus waspada tentang kebakaran ini, karena curah hujan di Riau kita prediksikan masih sangat minim," kata Kasi Analisa BMG Pekanbaru, Johanes Drajat kepada okezone, Rabu (20/2/2008).

Sementara titik api di Wilayah Sumatra bagian Utara ditemukan 13 titik api. Untuk wilayah propinsi Sumatra bagian Barat dan Aceh juga sudah ditemukan yakni 9 titik dan 4 titik.

"Titik api paling banyak ditemukan di Propinsi Jambi dengan 20 titik api. Sedangkan Sumatra Selatan 4 titik dan Bengkulu 1 titik," paparnya.
(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »